ANTARA News - Berita Terkini

Selasa, 21 November 2017

Sistem Informasi dan Basis Data

Sistem Informasi

Apa itu Sistem Informasi? - Sistem Informasi atau biasa disingkat dengan SI adalas suatu sistem tempat menyimpan beberapa informasi yang terdiri dari teknologi informasi dan orang yang menggunakannya untuk mendukung sebuah operasi dan manajemen.

Menurut John F. Nash, sistem informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan juga menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.

Menurut pakar lain, Sistem Informasi adalah suatu kegiatan dari prosedur yang diorganisasikan, bilamana dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam suatu sistem - (Henry Lucas)

Dikutip dari Binus University, Sistem Informasi yaitu suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi. Biasanya suatu perusahan atau badan usaha menyediakan semacam informasi yang berguna bagi manajemen - (http://scdc.binus.ac.id)



Basis Data

Pengertian Basis Data - Basis Data adalah suatu kumpulan data terhubung yang disimpan secara bersama-sama pada suatu media, yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu, dan dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu. - (https://arsaskafri.com)

Dari pengertianku.net basis data adalah kumpulan terorganisasi dari data – data yang saling berhubungan sedemikian rupa sehingga dapat mudah disimpan, dimanipulasi, serta dipanggil oleh penggunanya. Definisi Basis data juga dapat diartikan sebagai kumpulan data yang terdiri dari satu atau lebih tabel yang terintegrasi satu sama lain, dimana setiap user diberi wewenang untuk dapat mengakses ( seperti mengubah,menghapus dll.) data dalam tabel-tabel tersebut.

Sumber lain mengatakan Basis data (database) adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi berupa tipe data, struktur data dan juga batasan-batasan pada data yang akan disimpan. Basis data merupakan aspek yang sangat penting dalam sistem informasi karena berfungsi sebagai gudang penyimpanan data yang akan diolah lebih lanjut. Basis data menjadi penting karena dapat mengorganisasi data, menghidari duplikasi data, menghindari hubungan antar data yang tidak jelas dan juga update yang rumit. - (www.termasmedia.com)



Sistem Manajemen Basis Data

Sistem Manajemen Basis Data - atau yang lebih dikenal dengan DBMS (Database Management System) adalah sebuah teknologi sistem informasi untuk penyimpanan dan pengambilan data pengguna dengan efisienl dengan tindakan pengamanan yang tepat. Database adalah kumpulan data dan data terkait yang merupakan koleksi fakta, bisa berupa tulisan atau gambar yang bisa diolah untuk menghasilkan informasi. Sebagian besar data mewakili fakta yang dapat direkam. Alat bantu data dalam menghasilkan informasi, yang didasarkan pada fakta. (http://www.sistem-informasi.xyz)

Pengertian DBMS menurut C.J. Date adalah software yang menghandel seluruh akses pada database untuk melayani kebutuhan user.

Menurut S. Attre DBMS adalah software, hardware, firmware dan prosedur-prosedur yang memanage database. Firmware adalah software yang telah menjadi modul yang tertanam pada hardware.

Database merupakan suatu sistem dimana banyak terdapat file – file dan juga data yang terintegrasi dimana file serta data tersebut memiliki sebuah primary key untuk melakukan proses pengulangan data. - Toni Fabbri

Jadi dapat disimpulkan bahwa Sistem Manajemen Basis Data adalah sebuah sistem yang mengatur langkah-langkah dalam menjalankan sesuatu dengan menggunakan data-data yang telah diolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar